You are here
Home > Featured > Muhadjir Effendy Cocok Jadi Menteri Agama, Kata Alumni IPNU Ini.

Muhadjir Effendy Cocok Jadi Menteri Agama, Kata Alumni IPNU Ini.

Kehadiran Prof Din Syamsuddin selalu ditunggu-tunggu oleh jamaah Muhammadiyah dalam setiap forum. Selain materinya berbobot, Din—panggilan akrabnya—juga lihai mengeluarkan joke segar yang membuat suasana jadi gerr-gerran.

Begitulah saat Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2005-2010 dan 2010-2015 itu menjadi pemateri di sesi terakhir pada Kajian Ramadhan 1440 H Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ahad (19/5/19).

Mengawali ceramahnya, Din langsung menggojlok Prof Muhadjir Effendy yang duduk di deretan terdepan kursi peserta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikud) itu baru saja menjadi pemateri sebelum sesi Din Syamsuddin.

“Yang saya hormati Pak Muhadjir, Ketua PP Muhammadiyah sekaligus Mendikbud RI sampai dengan 2019, Insyaallah juga sampai 2024,” kata Din yang disambut tawa dan tepuk tangan hadirin. Terdengar pula sebagian hadirin mengaminkan perkataan Din itu.

Tak cukup di sini. Din juga mampu membuat suasana Dome UMM yang dipenuhi ribuan jamaah—yang terdiri dari pimpinan dan warga Muhammadiyah se-Jatim itu—menjadi riuh.

“Kalau saya menyaksikan dan menyimak ceramah-ceramah Pak Muhadjir yang penuh dengan inspirasi ayat-ayat Alquran dan Alhadits, ini kelihatannya cocok juga jadi Menteri Agama. Sayang saya bukan presiden,” ucap Din yang membuat peserta terpingkal-pingkal.

Prof Zainudin Maliki yang menjadi moderator di sesi itu juga menjadi sasaraan candaan Din. “Nanti kalau Prof Zainudin Maliki memilih Komisi VIII DPR RI tentang Pendidikan, maka akan menjadi duet (dengan Mendikbud Muhadjir Effendy) yang dahsyat, yang akan menggetarkan Indonesia. Cuman Prof Zainudin jangan berpuas diri dulu sebelum ada SK. Belum dilantik itu,” kelakar Din yang kembali disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Zainudin Maliki adalah Wakil Ketua PWM Jatim yang terpilih sebagai anggota DPR RI dari PAN Dapil Lamongan-Gresik pada Pemilu 2019.

Catatan MGL : Din Syamsuddin adalah Mantan Ketua IPNU Cabang Sumbawa.

Sumber : pwmu.co, Penulis : Sugiran

Madi
Bukan siapa-siapa. Sekadar berbagi, menampilkan sisi humor Muhammadiyah yang selama ini jarang terekspos.

Leave a Reply

Top
%d bloggers like this: