You are here
Home > Netijen Sharing > SBY NU Atau Muhammadiyah? Ini Jawaban Ibas

SBY NU Atau Muhammadiyah? Ini Jawaban Ibas

Momen Ketika Haedar Nashir bertemu SBY saat menjenguk Bu Ani di Singapura, beberapa waktu lalu (sumber: suaramuhammadiyah.id)

Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah adalah dua organisasi keagamaan terbesar di Indonesia. Meski kadang berseberangan, nyatanya dua pendiri organisasi tersebut, KH Hasyim Asy’ari (Pendiri NU) dan KH Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah) pernah satu kamar saat menuntut ilmu di sebuah pesantren.

Ada satu yang menarik dari perbedaan antara NU dan Muhammadiyah, yaitu tentang rokok. Muhammadiyah mengharamkan rokok, sementara NU tak pernah mengharamkan benda kecil dari tembakau tersebut. Dan itu sering jadi guyonan di kalangan akar rumput NU dan Muhammadiyah.

Terkait rokok tersebut, ada cerita lucu yang diunggah oleh akun Twitter @amal_Alghozali. Kala itu ia menemani Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas safari ke sebuah pondok pesantren di Cirebon. Saat berpidato, ada kiai yang iseng tanya, sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ikut NU atau Muhammadiyah.

Suatu saat tahun 2011 di Buntet Pesantren, Cirebon, saya mengantar mas @Edhie_Baskoro silaturahmi. Saat dia pidato di panggung, ada kyai yg bertanya, “Mas, Pak SBYudhoyono itu Nu apa Muhammadiyah?”. Sambil tersenyum Mas Ibas mengeluarkan sebungkus Malrboro putih. Terjawab????


— Pemuda Idaman (@Amal_Alghozali) December 8, 2018

Begitulah cara kocak nan cerdas menjawab pertanyaan iseng sang kiai. Tidak dengan kata-kata namun menggunakan kode sebungkus rokok. Terjawab sudah pertanyaan tersebut.

“Kodenya mantap????,” puji @egiEborne mengomentari cerita tersebut.

“Orang Muhammadiyah banyak yang ngerokok kok,” sergah @dakhnan.

Yah, tak terlalu penting SBY NU atau Muhammadiyah, yang jelas orang Indonesia.

Sumber : Akurat.co

Madi
Bukan siapa-siapa. Sekadar berbagi, menampilkan sisi humor Muhammadiyah yang selama ini jarang terekspos.

Leave a Reply

Top