You are here
Home > Netijen Sharing > Beragam Tipe Jamaah Tarawih, Kamu Masuk Tipe Mana?

Beragam Tipe Jamaah Tarawih, Kamu Masuk Tipe Mana?

Tak terasa Kita sudah hampir melewati satu etape dari tiga etape ramadan. Yang paling terasa dari semakin bertambahnya hari di bulan ramadan adalah semakin berkurangnya jamaah tarawih alias shafnya berkemajuan, seperti slogannya Muhammadiyah saja.

Suasana Tarawih Ramah Anak di SD Muhammadiyah Manyar Gresik (gambar beritajatim.com)

Membahas soal tarawih, ada beberapa tipe jamaah tarawih yang ada di mesjid. Antara lain sebagai berikut.

Full Time

Full timer adalah mereka yang ikut jamaah tarawih di mesjid sejak awal sampai akhir ramadan, ikut jamaah Isya hingga selesai tarawih dan witir, baik 11 rakaat maupun yang 23 rakaat sesuai kebiasaan masing-masing. Biasanya terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu yang memang penduduk setempat dan secara umur relatif sudah berkepala banyak. 😀

Half Time

Tipe yang kedua adalah tipe yang biasanya selalu hadir di awal, namun ketika memasuki pertengahan malam tarawih sampai akhir biasanya males untuk lanjut tarawihnya. Ga tau, mungkin sudah mempunyai kesibukan lainnya atau sudah sukses melaksanakan misi pertukaran sandal.

On Time

Tipe ini adalah tipe jamaah yang ada di mesjid duluan sebelum sholat isya dimulai. Biasanya jamaah ini dateng karena takut ga kebagian shaf paling depan, jadinya dia dateng duluan sebelum adzan dimulai. Super!

Part Time

Tipe yang ini banyak ditemui di masjid yang menyelenggarakan tarawih 20 rakaat. Saat Isya dan awal tarawih shaf-nya masih penuh, tapi begitu selesai rakaat kedelapan, bisa jadi jamaahnya tinggal setengah atau sepertiga.

Mereka yang masuk kategori ini biasanya hidup di dua alam dan pragmatis: kombinasi antara jumlah rakaat yang sedikit dan tarawihnya cepat. Barangkali sepulang tarawih tidak dilanjut witir tapi ada yang ngajak mabar lagi.

Fun Time

Nah kalo tipe ini biasanya pelakunya anak kecil, tapi bisa juga orang dewasa sik. Datang tarawih ke masjid biar bisa ngerjain temen atau sekadar menyapa dan mencicipi dagangan para pedagang asongan yang ada di sekitar Masjid.

TEPE Time

Yang ini nggak perlu ditanya lagi, pelakunya ya kamu, kamu dan kamu! Berangkat tarawih ke mesjid untuk tebar pesona kepada jamaah lain. Setiap ada niat dan kesempatan menebarkan pesona kemana-mana. Pelaku dan korbannya bisa cowok maupun cewek.

Jadi, Kamu termasuk tipe yang mana nih?

Madi
Bukan siapa-siapa. Sekadar berbagi, menampilkan sisi humor Muhammadiyah yang selama ini jarang terekspos.
Top
%d bloggers like this: